Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Wahana Multikarya Utama
blog-img-10

Posted by : admin01

TKBT

Pelatihan Tenaga Kerja Bangunan Tinggi (TKBT)

 

Bekerja di ketinggian memiliki resiko yang sangat besar, terjatuh dari ketinggian merupakan salah satu penyebab kematian yang umum di lokasi konstruksi, maka dari itu di dalam praktiknya sangat di perlukan lisensi bekerja di ketinggian.

Pelatihan Tenaga kerja bangunan tinggi (TKBT) adalah salah satu Pelatihan K3 yang bertujuan untuk mengurangi potensi resiko dalam kecelakaan kerja,Pelatihan TKBT ini di rancang untuk membekali pekerja akan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan dalam keselamatan bekerja di Ketinggian.

Terjatuh dari ketinggian adalah salah satu penyebab kematian paling umum di lokasi konstruksi. Mengurangi kecelakaan di tempat kerja adalah praktik manajemen yang baik. Perusahaan dapat menghemat uang melalui meningkatkan output dan mengurangi risiko denda dan klaim kompensasi.

Pelatihan Pelatihan Tenaga Kerja Bangunan Tingkat (TKBT) ini dirancang untuk membekali pekerja dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja dengan aman dalam setiap situasi ketinggian. Peserta akan dibekali kemampuan untuk mengenali potensi cedera serius saat bekerja di ketinggian dan menentukan metode yang aman yang tersedia untuk meminimalkan risiko.

Latar Belakang Pelatihan Tenaga Bangunan Tinggi (TKBT) :
Bekerja pada ketinggian adalah mempunyai potensi bahaya yang sangat besar. Ada berbagai macam metode kerja di ketinggian seperti diterapkan secara luas dalam pembangunan, pemeriksaan, perawatan bangunan dan instalasi industri seperti gedung tinggi, menara jaringan listrik, menara komunikasi, anjungan minyak, perawatan dan perbaikan kapal, perawatan jembatan, pertambangan, industri pariwisata seperti out bound, penelitian dan perawatan hutan dan lain sebagainya.
Merujuk kepada Undang-undang RI No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mengisyaratkan pada BAB V tentang PELATIHAN KERJA dan tersedianya tenaga kerja pada bangunan tinggi yang penuh dengan resiko kerja sangat diperlukan. Pengusaha dan pengurus diharapkan mampu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan K3 di lingkungannya dan mampu memberikan peran optimal dalam organisasi perusahaan dalam mengendalikan resiko kecelakaan kerja.

Tujuan Pengertian Pelatihan Tenaga Bangunan Tinggi (TKBT) :
Bekerja pada ketinggian (working at height) adalah pekerjaan yang membutuhkan pergerakan tenaga kerja untuk bergerak secara vertikal naik, mau pun turun dari suatu platform.
Akses tali (rope access) adalah suatu bentuk aktifitas pekerjaan atau posisi dalam bekerja yang awalnya dikembangkan dari teknik pemanjatan tebing atau penelusuran gua, digunakan untuk mencapai tempat-tempat yang sulit dijangkau, tanpa adanya bantuan perancah, platform atau pun tangga.

Tujuan Program Pelatihan Tenaga Bangunan Tinggi (TKBT) :
Pemenuhan Kebutuhan pengetahuan keterampilan dan pembentukan sikap kerja berdasarkan K3 pada unit kerja di ketinggian.

Kompetensi Pelatihan Tenaga Bangunan Tinggi (TKBT) :
Setelah peserta Lulus Uji Kompetensi K3 Teknisi K3 Bekerja Pada Ketinggiani Tingkat 2 (Dua) yang duji oleh Instruktur maka berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. 09/MEN/III/2016, Tentang Diktum Tenaga Kerja Bangunan Tinggi Tingkat 2 (Dua) diganti dengan Tenaga Kerja Bangunan Tinggi Tingkat 2 (Dua) yang mana dikhususkan pada pekerja Telekomunikasi adalah sebagai berikut:

Pemasangan pengaman kerja.
Memasang penambatan dibawah supervisi
Bagi Tenaga Kerja Bangunan Tinggi yang telah mendapatkan sertifikat diberikan lisensi K3 oleh Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Tenaga Kerja Bangunan Tinggi Tingkat.
Lisensi K3 berlaku 5 (lima tahun) dan harus diperpanjang lagi, melalui Training atau tanpa Training